Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang anda ketahui dengan gagal ginjal atau bahasa medisnya adalah gagal ginjal

Gagal ginjal atau bahasa medisnya Chronic kidney disease (CKD) adalah suatu keadaan yang terjadi kerusakan pada ginjal atau laju filtrasi glomerulus (LFG) < 60 mL/menit dalam waktu 3 bulan atau lebih.
Penurunan fungsi ginjal terjadi secara berangsur-angsur dan irreversible yang akan berkembang terus menjadi gagal ginjal terminal. Adanya kerusakan ginjal tersebut dapat dilihat dari kelainan yang terdapat dalam darah, urin, pencitraan, atau biopsi ginjal yang dilakukan oleh dokter spesialist urologi.
Gagal ginjal atau lebih sering disebut dengan bahasa medis CKD merupakan masalah kesehatan yang mendunia dengan angka kejadian
yang terus meningkat, mempunyai prognosis buruk, dan memerlukan biaya
perawatan yang mahal. Di negara-negara berkembang CKD lebih kompleks lagi masalahnya karena berkaitan dengan sosil-ekonomi dan penyakit-penyakit yang mendasarinya. Perejalanan penyakit CKD tidak hanya terjadi gagal ginjal tetapi juga dapat terjadi komplikasi lainnya karena menurunnya fungsi ginjal dan penyakit kardiovaskular.
Potensi gagal ginjal terjadi pada orang dewasa lebih besar daripada anak kecil, diperkirakan anank kecil mempunyai potensi 2 % dari orang dewasa, sedangkan orang dewasa 15 %.
Banyak sekali pada tahun sekarang ini penderita gagal ginjal di Indonesia terjadi pada usia produktif, penyebabnya antara lain pola hidup, makan minum, pola kerja yang sangat keras, dan pola hidup yang tidak teratur, gagal ginjal bisa saja menghampiri pada anak muda, bisa disebabkan karena sering konsumsi minumal beralkohol, minuman soft drink, dan merokok, serta kerja yang berat, kurang istirahat.
Untuk itu pesan untuk pemuda indonesia marilah jaga kesehatan untuk kepentingan anda sendiri, biasakan pola hidup sehat, minum air putih secukupnya kurang lebih 1500 cc – 2000 cc per hari, jauhi makan manakan soft drink atau alkohol, biasakan istirahat cukup.
Untuk mendeteksi adanya gagal ginjal antara lain caranya sebagai berikut :
  • Cek laboratorium
  • Cek usg abdomen beserta ginjal, beserta kandung kencing
  • Cek x ray dengan kontras yaitu BNO IVP berfungsi untuk melihat fungsi saluran ginjal, dari atas sampai bawah, secara garis besar pemeriksaan ini berfungsi untuk melihat anatomi saluran kencing kita.
Alangkah sedihnya jika terkena gagal ginjal yang mana setiap minggu harus cuci darah satu kali cuci darah biaya kurang lebih 800.000, dalam seminggu sebanyak dua kali, belum itu secara fungsional produktif kerja jadi menurun, untuk saat ini penderita gagal ginjal dapat kemudahan lewat pelayanan BPJS, yang mana jika tidak dengan bpjs banyak pasien yang tidak kuat membayarnya, alhamdulillah dengan pelayanan BPJS sangat membantu masyarakat. Namun meski ada bpjs pastinya kita tetap ingin sehat.
Semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit gagal ginjal, amiiin, salam sehat
pencegahan gagal ginjal

Post a Comment for "Apa yang anda ketahui dengan gagal ginjal atau bahasa medisnya adalah gagal ginjal"